Cari Blog Ini

Minggu, 28 November 2010

CADMIUM (Cd)

Logam Cd banyak digunakan dalam kehidupan kita, seperti dalam industri plastik (CDS), elektropaliting, solder, baterai, moderator reactor nuklir (Cd-nitrat). Selain itu logam Cd terdapat dalam air limbah yang ditunjukan oleh table dibawah ini.

Kandungan Cd dalam beberapa jenis air limbah

Jenis industri

Konsentrasi (µg/L)

Jenis industri

Konsentrasi (µg/L)

Pengolahan roti

11

Pengolahan lemak

6

Pengolahan ikan

14

Bakery

2

Makanan lain

6

Minuman

5

Minuman ringan

3

Es cream

31

Pencelupan tekstil

30

Pengolahan dan pencelupan bulu binatang

115

Bahan kimia

27

Laundry

134

Logam Cd yang terdapat dalam limbah tersebut di atas akan dapat mencemari perairan. Apabila dokonsumsi oleh manusia logam tersebut akan mengalami biotransformasi dan bioakumulasi. Semakin tinggi strata biota dalam rantai makana, akumulasi logam cadmium ini akan semakin tinggi. Logam Cd dalam tubuh manusia maupun hewan akan dapat menyebabkan keracunan kronis dan keracunan akut.

Keracunan akut yang disebabkan oleh Cd disebabkan oleh paparan Cd atau CdO dengan gejala-gejala yang ditimbulkan adalah rasa sakit dan panas pada bagian dada. Gejala akibat keracunan akut akan timbul setelah 4-10 jam penderita terpapar uap logam Cd. Akibat dari paparan ini adalah menimbulkan penyakit paru-paru akut. Jika konsentrasi mencapai 2.500-2.900 mg/m3 akan menyebabkan kematian. Sedangakn keracunan kronis terjadi dalam jangka waktu yang lama, namun akibat yang ditimbulakan lebih menakutkan dari keracunan akut. Efek yang ditimbulakan terhadap logam Cd adalah:

  • Dapat menimbulkan gangguan terhadap ginjal, jika penderita terpapar dalam jangka waktu 20-30 tahun. Penyakit yang timbul adalah penyakit proteinuria yang merupakan awal kerusakan ginjal.
  • Menimbulkan gangguan paru-paru, jika penderita menghirup debu Cd 20 tahuanan. Kerusakanya berupa pembengkakan paru-paru.
  • Menyebabkan terjadinya anemia
  • Menyebabkan kerapuhan tulang
  • Menyebabkan impotensi
  • Menyebabkan kanker prostat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar